Berita

SPANDUK PPDB

Kontak

Alamat :

Iteng, Desa Iteng, Kec. Satar Mese, Kab. Manggarai

Telepon :

082217845687 - 081239431799

Email :

smast.mariaiteng.@yahoo.co.id

Website :

stmariaiteng.sch.id

Media Sosial :

Kalender

April 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30

MENJAGA DAN MERAWAT IBU BUMI (Katekese Mahasiswa Prodi Teologi UNIKA St. Paulus Ruteng di SMA St. Maria Iteng)

Pada tahun 2024, Keuskupan Ruteng mencanangkan Program Pastoral Ekologis, dengan tema Harmonis, Pedagogis dan Sejahtera. Seluruh umat Katolik Keuskupan Ruteng diajak untuk bersama menjaga dan merawat bumi. Bumi sebagai sumber kehidupan bagi manusia, perlu dirawat dan dijaga karena bumi adalah “ibu” bagi manusia. Menjaga hubungan yang baik dengan alam, diajarkan untuk mencintai alam sebagaimana Firman Tuhan dalam Kitab Suci akan menghantar manusia menuju sebuah kesehjateraan hidup.

Menyambut program ini, Mahasiswa Program Studi Teologi UNIKA ST. PAULUS RUTENG, berkunjung ke SMA Katolik St. Maria Iteng pada hari Sabtu, 24 Februari 2024. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah katekese yang difasilitasi para mahasiswa dan penyerahan beberapa bibit tanaman untuk sekolah.  Di bawah asuhan RD. Frans Nala, sebagai Ketua Komdik Keuskupan Ruteng, mahasiswa dibagi ke dalam rombel belajar SMA St. Maria Iteng, mulai dari kelas X - kelas XII. Pantauan kelompok smart literasi, kegiatan berjalan dengan baik. Anak-anak terlibat aktif dalam kegiatan pendalaman firman Tuhan dan sharing dengan para mahasiswa. Kegiatan berlangsung dari pukul 09.30 – 11.00.  

Dari wawancara dengan Oktavianus B. Hibur dengan kelompok smart literasi mengatakan bahwa tujuan mereka datang di SMAS ST. MARIA ITENG selain untuk mempromosikan kampus kami juga datang untuk memberikan katekese kepada siswa-siswi SMA Katolik St. Maria Iteng tentang Pastoral Ekologis. Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kedatangan mereka ke SMA Katolik. St. Maria Iteng, bukan karena  tugas kuliah semata tetapi juga sosialisasi tentang Pastoral Ekologis dan merupakan kegiatan dari KOMSOS Keuskupan Ruteng. “Kami sudah dibagi sesuai dengan rombel yang berjumlah tujuh belas kelas dan dalam katekese lebih banyak sharing, bertanya juga mengambil kesimpulan dari bacaan Injil”, ungkapnya. “Kami sangat berterima kasih dan bangga dengan lembaga pendidikan SMA Katolik St. Maria Iteng karena sudah menerima kami dengan sangat baik. Semoga dengan kedatangan  kami,  dapat menyadarkan siswa-siswi untuk membangun relasi yang intim dengan Tuhan serta menjaga bumi dari segala ancaman yang dapat merusak ekosistem di dalamnya”, tutupnya di akhir wawancara.

Seluruh warga sekolah menyambut baik kegiatan ini. Lembaga pendidikan SMAS St. Maria Iteng melihat bahwa kegiatan ini membawa dampak positif bagi anak-anak. Dalam kegiatan sharing anak-anak di asah kemampuan literasinya dan juga bermanfaat untuk pendidikan karakter mereka, di mana mereka diajak untuk menjadi pribadi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap alam atau lingkungan sekitar. “Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Saya mendapat materi yang luar biasa kalau bumi adalah ibu bagi manusia,” ujar Sena, salah seorang siswi kelas XII program Ilmu-Ilmu Sosial.

Sebelum pulang dari lembaga pendidikan SMAS St. Maria Iteng, rombongan menyerahkan beberapa anakan pohon sebagai bentuk kepedulian untuk merawawat ibu bumi. “Tugas menjaga ibu bumi adalah tugas kita semua”, ungkap RD. Frans Nala.  (Ignasius Y. Sehadun, Emiliana A. Skunda, crew smart literasi)