Berita

SPANDUK PPDB

Kontak

Alamat :

Iteng, Desa Iteng, Kec. Satar Mese, Kab. Manggarai

Telepon :

082217845687 - 081239431799

Email :

smast.mariaiteng.@yahoo.co.id

Website :

stmariaiteng.sch.id

Media Sosial :

Kalender

Mei 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31

LATIHAN KEPEMIMPINAN DASAR OLEH MAHASISWA KKN UGM

  Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal yang gampang dan dapat dilakukan semua orang. Pemimpin menurut KBBI adalah mereka yang menggunaan  jabatan dan wewenangnya untuk mengarahkan bawahannya agar mencapai tujuan kelompok bahkan sampai tujuan organisasi. Atas dasar ini, SMAS St. Maria Iteng menerima kunjungan mahasiswa KKN dari Universitas Gajah Mada (UGM) untuk memberikan latihan kepemimpinan dasar kepada pengurus OSIS, pada Kamis 11 Januari 2024 di aula SMAS St. Maria Iteng.

         Pantauan tim jurnalis smart news, tidak semua siswa/i mengikuti kegiatan ini, hanya pengurus OSIS serta beberapa guru pembimbing. Ada beberapa cara untuk melatih diri kita menjadi seorang pemimpin yaitu mengenal diri kita sendiri dengan menuliskan sebanyak mungkin kalimat yang menggambarkan tentang diri kita, ungkap Kakak Saeful Ismail yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

          Dalam materi mereka mengutip kalimat dari  Stephen P. Robbins, “ Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok guna mencapai serangkaian tujuan “. Mereka menyampaikan langkah untuk menjadi seorang pemimpin, langkah pertama yaitu “ membimbing diri sendiri”, yang mereka rangkai dalam sebuah kalimat “ Tidak ada orang yang mau membimbing kalau orang itu belum bisa membimbing dirinya sendiri”, ungkap salah satu dari pemateri.

          Self Leadership atau kepemimpinan  dapat kita latih sejak dini yaitu dengan mengemas beberapa hal berikut, “ self concept yaitu mengenal konsep dalam diri, self awaraness yaitu menyadari dan memahami perasaan diri sendiri serta self regulation yakni mengelola emosi untuk mengeluarkan aksi atau perilaku”, terang salah satu dari mereka.

           Banyak permainan yang mereka berikan untuk memotivasi semangat siswa dan siswi sehingga tidak ada yang merasa jenuh dan aktif mengikuti kegiatan tersebut. Siswa dan siswi juga dilatih  berbicara untuk membangkitkan jiwa pemimpin, karena untuk menjadi seorang pemimpin bukan dari hal yang besar melainkan dari hal-hal yang kecil. Mereka berpesan semoga dengan mengikuti latihan kepemimpinan dasar ini, siswa dan siswi SMAS St. Maria Iteng dapat mengaplikasikan materi tersebut di sekolah maupun di lingkungan masyarakat serta dapat menjadi seorang pemimpin masa depan yang bijak. (Oleh: Yudi, Nadila, Rilan, Sintia dan Ucy)